diskusi mengenai makalah buah rambutan

Posted: December 10, 2012 in Uncategorized

Nama : M. Nur Fitriyanto
Nim : D1A012098
Jurusan : Agroekoteknologi
Fakultas : Pertanian
Universitas Jambi

Tugas 2 : Bahasa Indonesia (makalah)

Pertanyaan diskusi dari makalah mengenai Rambutan
Yang di sampaikan oleh Rita sari

Pertanyaan

1. Dalam persentase tersebut ,anda menyebutkan bahwa ide dari makalah yang anda ambil adalah perawatan pada buah rambutan, apa alasan anda memilih topic tersebut ?

2. Kenapa tema anda adalah buah-buahan , sedangkan seperti yang kita tahu, buah-buahan lebih dari satu jenis dan anda hanya membahsan tentang rambutan saja?

3. Untuk merawat tanaman rambutan itu bias dengan penyiangan, penyiangan tersebut seperti apa ?

4. Apa sajakah manfaat dari buah rambutan tersebut ?

5. Apa alasan anda mempersentasekan makalah rambutan ini ?

Jawaban:

1.
Saya memilih topic tersebut di karena di dalam maklah yang saya persentasekan ada yang menjelaskan tentang perawatn buah rambutan tersebut.
karena ada berapa macam perawatan yang di lakukan di antaranya yaitu

 Pemeliharaan dan Pemupukan Buah Rambutan

PENJARANGAN DAN PENYULAMAN
Karena kondisi tanah telah gembur dan mudah tanaman lain akan tumbuh kembali terutama Gulma (tanaman pengganggu), seperti rumput-rumputan dan harus disiangi sampai radius 1-2 m sekeliling tanaman rambutan. Apabila bibit tidak tumbuh dengan baik segera dilakukan penggantian dengan bibit cadangan.

PEREMPALAN
Agar supaya tanaman rambutan mendapatkan tajuk yang rimbun, setelah tanaman berumur 2 tahun segera dilakukan peempelan/ pemangkasan pada ujung cabang-cabangnya. Disamping untuk memperoleh tajuk yang seimbang juga berguna memberi bentuk tanaman, memperbanyak dan mengatur produksi agar tanaman tetap terpelihara

PEMUPUKAN

Untuk menjaga agar kesuburan lahan tanaman rambutan tetap stabil perlu diberikan pupuk secara berkala

PENGAIRAN DAN PENYIRAMAN

Selama dua minggu pertama setelah bibit yang berasal dari cangkokan/okulasi ditanam, penyiraman dilakukan sebanyak dua kali sehari, pagi dan sore. Dan minggu-minggu berikutnya penyiraman dapat dikurangi menjadi satu kali sehari.

WAKTU PENYEMPROTAN PESTISIDA

Guna mencegah kemungkinan tumbuhnya penyakit/hama karena kondisi cuaca/hewan-hewan perusak maka perlu dilakukan penyemprotan pestisida umumnyadilakukan antara 15-20 hari sebelum panen dan juga apabila kelembaban udara terlalu tinggi akan tumbuh cendawan, apabila musim penghujan mulai tiba perlu disemprot fungisida beberapa kali selama musim hujan pestisida dan insektisida

Dari data yang ada di atas saya menentukan ide yaitu bagaimana cara merawat rambutan .

2. Saya memilih tema tersebut karena membahas tentang semua jenis rambutan yang ada di Indonesia sendiri bukan hanya dalm kontek satu jenis saja karena banyak sekali jenis-jenis rambutan yang ada di Indonesia sendiri yaitu….

Rambutan Rapiah
buah tidak terlalu lebat tetapi mutu buahnya tinggi, kulit berwarna hijau-kuning-merah tidak merata dengan beramut agak jarang, daging buah manis dan agak kering, kenyal, ngelotok dan daging buahnya tebal, dengan daya tahan dapat mencapai 6 hari setelah dipetik.

Rambutan Aceh Lebak bulus
pohonnya tinggi dan lebat buahnya dengan hasil rata-rata 160-170 ikat per pohon, kulit buah berwarna merah kuning, halus,rasanya segar manis-asam banyak air dan ngelotok daya simpan 4 hari setelah dipetik, buah ini tahan dalam pengangkutan.

Rambutan Cimacan
kurang lebat buahnya dengan rata-rata hasil 90-170 ikat per pohon, kulit berwarna merah kekuningan sampai merah tua, rambut kasar dan agak jarang, rasa manis, sedikit berair tetapi kurang tahan dalam pengangkutan.

Rambutan Binjai
yang merupakan salah satu rambutan yang terbaik di Indonesia dengan buah cukup besar, dengan kulit berwarna merah darah sampai merah tua rambut buah agak kasar dan jarang, rasanya manis dengan asam sedikit, hasilbuah tidak selebat aceh lebak bulus tetapi daging buahnya ngelotok.

Rambutan Sinyonya
jenis rambutan ini lebat buahnya dan banyak disukai terutama orang Tionghoa, dengan batang yang kuat cocok untuk diokulasi, warna kulit buah merah tua sampai merah anggur, dengan rambut halus dan rapat,rasa buah manisa sam, banyak berair, lembek dan tidak ngelotok.

3.
Penyiangan dilakukan seperti mencabut/membasmi bila gulma telah tumbuh di sekitar tanaman. Tanah di sekitar tanaman perlu digemburkan, tetapi jangan sampai merusak akar.

4.
Ada beberapa manfaat dari buah rambutan diantar nya

Mengatasi sariawan
Caranya adalah cuci kulit kayu rambutan (tiga ruas jari), lalu rebus dengan dua gelas air bersih sampai tersisa satu gelas. Gunakan untuk berkumur selagi hangat.


• Menurunkan kadar gula darah

Biji buah rambutan sangat berkhasiat menurunkan kadar gula darah (hipoglikemik). Bagaimana caranya? Yaitu ambilah lima buah rambutan yang sudah masak, pisahkan bijinya. Potong biji rambutan menjadi bagian-bagian kecil, lalu sangria sampai berwarna kuning kehitaman. Giling halus sampai menjadi bubuk. Masukkan seluruh bubuk ke dalam cangkir, seduh dengan air panas. Setelah dingin, minum bagian air yang bening sekaligus buang ampas atau endapannya. Lakukan sebelum makan sebanyak 1-3 kali sehari, tergantung pada seberapa tinggi kadar gula saat melakukan terapi ini. Konsumsi setiap hari jika perlu.

Mengobati kencing manis
Untuk anda yang mengalami Kencing manis silahkan sediakan 5 (lima) biji rambutan lalu gongseng dan giling sampai menjadi serbuk. Seduh dengan satu cangkir air panas. Setelah dingin, minum airnya sekaligus 1-2 kali sehari.


• Disentri

Untuk mengobati disentri caranya adalah cuci kulit buah rambutan (10 buah), potong-potong seperlunya. Tambahkan tiga gelas minum air bersih, lalu rebus sampai airnya tersisa separuhnya. Setelah ,dingin, saring dan minum sehari dua kali, masingmasing tiga perempat gelas.


• Mengobati demam

Caranya; cuci kulit buah rambutan yang telah dikeringkan (15 g). Tambahkan tiga gelas air bersih, lalu rebus sampai mendidih selama 15 menit. Setelah dingin, saring dan minum tiga kali sehari, masing-masing sepertiga bagian.

Menghitamkan rambut beruban.
Berikut caranya; cuci daun rambutan secukupnya, lalu tumbuk sampai halus. Tambahkan sedikit air sambil diaduk merata sampai menjadi adonan seperti bubur. Peras dan saring dengan sepotong kain. Gunakan air yang terkumpul untuk membasahi rambut kepala. Lakukan setiap hari sampai terlihat hasilnya.

Buah rambutan mengandung karbohidrat, protein, lemak, fosfor, besi, kalsium., dan vitamin C. Kulit buah mengandung tanin dan saponin. Biji mengandung lemak dan polifenol. Daun mengandung tanin dan saponin. Kulit batang mengandung tanin, saponin, flavonoida, pectic substances, dan zat besi.

5.

Alasan saya mempersentasekan makalah ini yaitu di dalam makalah tersebut terdapat bagaimana cara perawatan dan manfaat dari buah rambutan itu sendiri , dengan demikian pembaca dapat mengetahui bagaimana cara merawat buah rambutan yang baik dan benar serta pembaca juga tahu apa saja manfaat dari buah tersebut.

terima kasih🙂😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s